Al Fasdhu, Pengobatan yang Efektif untuk Menyembuhkan Segala Penyakit

Azahramedia.com Al Fasdhu, pengertian Al Fasdhu menurut bahasa adalah mengeluarkan darah dari kulit (kamus Munawir, hal. 1058). Terapi Al Fasdhu menurut istilah adalah pengobatan yang dilakukan dengan cara mengeluarkan darah dari pembuluh darah vena (venesection) yang di dalamnya terdapat sumbatan-sumbatan yang merugikan tubuh, dengan cara pengikatan dan pembukaan kecil pada kulit sehingga dalam pembuluh darah vena dapat terdorong keluar.

 


Dalam Shohih Bukhori, Rosulullah SAW bersabda: "Khoiro maa tadaa waitum bihil hijaamatu wal fasdhu" yang artinya : sebaik-baik pengobatan yang kalian lakukan adalah hijamah (bekam) dan fasdhu. (HR. Bukhori).

Cara kerja Al Fasdhu 

Cara kerja Al Fasdhu hampir sama dengan bekam yang mana keduanya mengeluarkan darah dari tubuh. Perbedaannya, Al Fasdhu mengeluarkan sumbatan dan racun tubuh melalui pembuluh vena (pembuluh darah besar). Sedangkan bekam adalah mengeluarkan sumbatan-sumbatan dan racun tubuh melalui pembuluh darah kapiler (pembuluh darah kecil).

Manfaat Al Fasdhu

Manfaat Al Fadhu sangat efektif mengurangi kadar kolesterol, asam urat, gula darah, darah tinggi, dan materi lain yang berbahaya bercampur bersama darah yang ada di dalam pembuluh darah manusia.

Tujuan Terapi Al Fasdhu

Terapi Al Fasdhu bertujuan untuk mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuh. Terapi ini dilakukan dengan metode yang hampir sama dengan bekam.

Namun, jika pada bekam darah dikeluarkan melalui sayatan kecil, pada Fadhu darah dikeluarkan langsung dari pembuluh darah. Teknik ini mirip dengan proses pengambilan darah untuk donor darah.

Lebih lanjut, dijelaskan dalam laman Sehatlah Bangsaku Kementerian Kesehatan, metode terapi Al Fasdhu dilakukan dengan totok darah atau memotong urat, yaitu memasukkan jarum infus ke dalam pembuluh darah vena.

Pengobatan Al Fasdhu sebagai upaya non medis untuk mengobati penyakit tanpa menggunakan bahan kimia, untuk penyembuhannya, sehingga mengurangi resiko ketergantungan bahan-bahan kimia dalam obat-obatan medis.

Manusia diberi cobaan berupa sakit, maka manusia juga harus berusaha mencari jalan pengobatan yang sesuai dengan syariat islam.






Kesehatan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.